Gempa, Membuat Bumi Berrrrgetar!!

Smut 5Beberapa waktu belakangan ini Indonesia kerap diguncang gempa. Banyak korban berjatuhan akibat peristiwa ini. Bahkan. Gempa juga bisa menyebabkan Tsunami. Apakah gempa itu sesungguhnya? Yuuk, dikulik….

Apa Itu Gempa?
Gempa bumi adalah getaran yang terjadi di permukaan bumi. Biasanya, hal itu disebabkan oleh pergerakan kerak bumi atau disebut juga lempeng bumi. Planet Bumi yang kita huni ini, meski padat tetapi selalu bergerak. Dan, gempa bumi dapat terjadi apabila tekanan yang terjadi akibat pergerakan itu sudah terlalu besar untuk dapat ditahan. Maka terjadilah getaran yang muncul hingga permukaan yang disebut gempa Bumi

Mengapa Terjadi Gempa Bumi?
Gempa bumi ada macamnya juga, lho. Dinamakan sesuai dengan penyebab terjadinya. Gempa tektonik misalnya, disebabkan oleh pelepasan tenaga yang terjadi karena pergeseran lempengan plat tektonik di dasar Bumi. Lapisan tersebut begerak perlahan sehingga berpecah-pecah dan bertabrakan satu sama lainnya. Lainnya adalah gempa bumi vulkanik. Gempa jenis ini terjadi karena pergerakan magma di dalam gunung berapi. Gempa bumi vulkanik dapat menjadi gejala akan terjadinya letusan gunung berapi. Tapi ternyata ada juga gempa bumi yang disebabkan oleh manusia. Nah lho! Iya, gempa bumi dapat terjadi bukan hanya karena pergerakan alam tetapi karena ulah manusia seperti ledakan nuklir, ataupun memasukkan benda atau sesuatu ke dalam bumi duna membuat pembangkit listrik tenaga panas bumi. Gempa yang terjadi akibat uulah amnusia itu disebut gempa seismisitas terinduksi.

Akibat Gempa Bumi
Gempa bumi dapat mengakibatkan berbagai kerusakan. Biasanya gempa bumi menyebabkan bangunan rusak, tanah longsor, hingga tsunami. Korban jiwa yang ditimbulkan akibat gempa bumi ini kerap timbul karena mereka tak sempat mengantisipasi kejadian itu. Untuk itu ada baiknya jika kalian tahu apa yang harus dilakukan jika terjadi gempa bumi di tempat kalian berada. Terlebih lagi, kabarnya wilayah Indonesia ini terletak di antara dua lempengan, sehingga rawan tabrakan yang menjadi sebab terjadinya gempa bumi.

Jika Terjadi Gempa Bumi
Tak usah panik jika terjadi gempa bumi. Kalian harus tetap tenang dan waspada. Hal yang harus dilakukan jika mengalami gempa bumi adalah menentukan tempat berlindung yang aman jika terjadi gempa bumi. Tempat berlindung yang aman adalah tempat yang yang dapat melindungi kalian dari rubuhnya bangunan sehingga menyebabkan benda-benda berjatuhan atau ambruk. Tempat yang dapat dipilih misalnya kolong meja. Atau segera keluar dari bangunan dan berdiri di tempat terbuka yang relatif aman. Jika kalian tinggal dekat dengan laut, amatai permukaan laut, jika ia surut hingga ke tengah laut, segeralah mencari tempat yang lebih tinggi karena hal itu seringkali menjadi tanda awal kemunculan tsunami. Yaitu gulungan ombak yang dapat mencapai ketinggian 5 meter. Jangan lupa ketika keluar rumah segera matikan aliran listrik dan benda yang mengandung api.

Gempa Bumi Besar
Di dunia tercatat beberapa gempa bumi besar terjadi, termasuk di Indoensia. Berikut ini adalah beberapa catatn mengenai gempa bumi yang terjadi di Indoensia :
• 2 September 2009, Gempa Tektonik 7,3 Skala Richter mengguncang Tasikmalaya, Indonesia. Gempa ini terasa hingga Jakarta dan Bali, berpotensi tsunami. Korban jiwa masih belum diketahui jumlah pastinya karena terjadi Tanah longsor sehingga pengevakuasian warga terhambat.
• 12 September 2007 – Gempa Bengkulu dengan kekuatan gempa 7,9 Skala Richter
• 6 Maret 2007 – Gempa bumi tektonik mengguncang provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Laporan terakhir menyatakan 79 orang tewas.
• 27 Mei 2006 – Gempa bumi tektonik kuat yang mengguncang Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah pada 27 Mei 2006 kurang lebih pukul 05.55 WIB selama 57 detik. Gempa bumi tersebut berkekuatan 5,9 pada skala Richter. United States Geological Survey melaporkan 6,2 pada skala Richter; lebih dari 6.000 orang tewas, dan lebih dari 300.000 keluarga kehilangan tempat tinggal.
• 26 Desember 2004 – Gempa bumi dahsyat berkekuatan 9,0 skala Richter mengguncang Aceh dan Sumatera Utara sekaligus menimbulkan gelombang tsunami di samudera Hindia.

-Nia- (Berbagai sumber)

Iklan

Tinggalkan pesan untuk Pendekar S'mut

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s