Tips Belajar

Smut 9Sesungguhnya agar dapat khusyuk belajar juga mudah. Seperti kalau kalian main game atau nonton tayangan favorit itu! Yuk, kita rumuskan langkah-langkahnya:

1. Menyukai Tantangan
Seperti main game, tanamkan rasa senang dalam hati karena ada tantangannya. Perasaan dan sikap mental seperti itu merupakan prasyarat bagi tercapainya kondisi produktif dan khusyuk. Yakinkan, bahwa setiap pelajaran dan kegiatan adalah tugas dan tanggung jawab yang harus diselesaikan. Tentu saja, diperlukan kesabaran dan keseimbangan antara kemampuan kita dengan tantangannya yang dihadapi.

2. Buat Target untuk Diraih
Target merupakan mekanisme untuk mengukur tahapan yang dicapai sehingga memberikan perasaan keberhasilan. Dalam target yang jelas ukurannya, besarnya harapan, dan aturannya, khusyuk akan mudah didapat. Target yang ingin diraih harus sepadan dengan kemampuan kalian. Kalau sekarang belum 10 besar, jangan langsung ingin menjadi nomor satu.

3. Asyik dan Rileks
Kenikmatan khusyuk adalah kita dapat keluar dari kebisingan dan kerepotan dunia luar. Dengan khusyuk, kalian lenyap ke dalam kesibukan belajar, ibadah, atau melakukan kegiatan yang kalian sukai. Begitu khusyuk dan fokusnya kalian dengan kegiatan, dunia sekeliling pun terasa lenyap. Yang ada adalah keasyikan diri karena pikiran terkonsentrasi penuh ke dalam aktivitas produktif kalian sehingga seluruh jiwa raga merasa rileks dan bebas merdeka.

4. Lupa Waktu.
Seperti main game kesukaanmu, dengan khusyuk belajar dan ibadah pun sampai lupa waktu. Tak ada lagi beban fisik dan psikis, karena semua kebutuhan batin, intelektual-emosional-spiritual  benar-benar terpuaskan ketika tugas-tanggung jawab telah selesai. Waktu bagaikan berlari cepat, karena kalian sudah menemukan rahasia menikmati setiap aktivitas. Puasa, salat, ngaji, belajar, sama saja karena hati senang berhasil menjadi pemenang.

5. Jangan Lupa Diri
Khusyuk juga harus dijaga. Jangan sampai, karena sedemikian tenggelamnya pikiran sadar dan bawah sadar kalian dalam aktivitas yang dilakukan, jadi lupa makan karena tubuh membutuhkan makanan, sehingga perut sakit dan kepala pusing. Batasi dengan alarm untuk satu-dua jam saja, baru dilanjutkan lagi setelah istirahat-salat-makan.

6. Proses Bertahap
Asyik dalam khusyuk tentu kenikmatan tiada tara. Namun, ingat, belajar, ibadah, dan sebagainya adalah suatu proses. Seperti orang berjalan atau membangun rumah, harus dilakukan selangkah demi setahap, agar semuanya berjalan wajar dan alami. Sebab, kegiatan yang bersifat tidak ajeg akan cepat membosankan dan hasilnya sementara. Para atlet atau bintang, seperti bayi, mereka juga belajar sedikit demi sedikit sejak kecil tapi terus menerus. Yakini, hidup kita bukan sulap, melainkan perjalanan mendaki prestasi ke tempat yang lebih tinggi. Jadi, harus terus sabar dan benar-benar menikmati saat-saat perjuangannya. Seperti menunggu matahari tenggelam ketika kita puasa, seteguk air saja rasanya ruarrrr biasa. Oke? Selamat belajar khusyuk. Dan, sukses!

-@ntho Massardi-  (dari berbagai sumber)

Iklan

2 thoughts on “Tips Belajar

Tinggalkan pesan untuk Pendekar S'mut

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s