Islam di Laos

Laos adalah negara yang mayoritas penduduknya beragama Buddha. Di Indonesia mayoritas penduduknya adalah Muslim. Di Laos penduduk Muslimnya berjumlah sedikit. Seperti apakah kehidupan Muslim di negera tuan rumah SEA Games XXV itu? Silakan baca yang satu ini.

 

Negara di Antara Negara

Laos adalah negara yang termasuk di kawasan Asia Tenggara. Negara ini diapit oleh beberapa negara lainnya. Di sebelah utara, ia berbatasan dengan Cina dan Myanmar, di selatan dengan Kamboja, Thailand di sebelah barat dan Vietnam di timur. Sebagian besar wilayahnya terdiri dari pegunungan dan dataran tinggi. Sungai terpanjang di dunia, Mekong, menjadi pembatas negara ini dengan negara Gajah Putih alias Thailand. Tidak berbeda dengan negara Asia Tenggara lainnya, Laos beriklim tropis dengan dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Musim hujan berlangsung awal Mei hingga akhir September. Sementara musim kemarau dari Oktober hingga April. Laos, beribukota Vientienne, dikenal sebagai Lan Xang atau Negeri Seribu Gajah dari abad ke-14 hingga abad ke-18.

 

Chin Haw

Buddha Theravada adalah agama mayoritas di Laos. Hanya sebagian kecil penduduknya beragama Islam. Bahkan, di kawasan Asia Tenggara, Laos adalah negara dengan jumlah penduduk Muslim terkecil. Islam diperkenalkan di Laos oleh para pedagang Cina dari Yunan. Para saudagar Cina yang membawa misi dakwah itu dikenal hingga ke Thailand dan Myanmar. Mereka dikenal sebagai Chin Haw oleh masyarakat Laos dan Thailand. Hingga saat ini, keturunan kaum Chin Haw masih tinggal di dataran tinggi dan daerah perbukitan. Mereka menjadi pemasok kebutuhan pokok bagi masyarakat di kota. Kaum Chin Haw memiliki masjid berukuran sangat besar dan menjadi kebanggaan Muslim di  Laos. Masjid yang bergaya neo-Moghul itu begitu khas dengan menara gaya Oriental.

 

Labai atau Chulia

Di Laos, juga dikenal kelompok Muslim yang berasal dari selatan India. Mereka adalah komunitas Tamil yang dikenal dengan sebutan Labai di Madras dan Chulia di Malaysia dan Thailand. Mereka masuk ke ibukota Laos ,Vientiane, melalui Saigon. Komunitas Muslim Tamil lebih banyak berada di Vientienne. Di kota ini mereka memiliki masjid yang menyerupai bangunan masjid di tempat asal mereka, Tamil. Masjid itu bernama Masjid al-Jamiah. Masjid itu selalu ramai dikunjungi Muslim dari India, Pakistan, dan Bangladesh. Masjid ini juga dilengkapi bangunan madrasah untuk anak-anak Muslim belajar agama Islam.

 

Muslim Kamboja

Sebagian kecil Muslim di Laos adalah orang Kamboja yang melarikan diri dari negaranya. Mereka lari setelah rezim Pol Pot di Kamboja melakukan gerakan genocide pembersihan massal etnis Kamboja Cham Muslim. Diperkirakan ada sekitar 200 orang Muslim asal Kamboja di Laos. Masjid Muslim asal Kamboja ini bernama Masjid Azhar. Masyarakat lokal menyebutnya dengan nama Masjid Kamboja. Letak masjid tersebut empat kilometer dari Vientienne.

 

Menjadi Minoritas

Muslim di Laos yang hidup di antara pemeluk agama Buddha, bebas melakukan kegiatan ibadah. Warga Vientienne tidak mengucilkan warga Muslim. Bahkan, mereka tahu bahwa ada masjid di daerah tersebut, tepatnya di Prabang Road. Kaum mayoritas di Vientienne sangat menjunjung tinggi perbedaan. Saat azan dikumandangkan di pengeras suara, mereka tidak berkeberatan. Meski Laos adalah negara komunis, namun mereka sangat terbuka terhadap kepercayaan agama.

 

Berbisnis

Sebagian besar Muslim di Vientiane berbisnis. Mereka membuka usaha di bidang tekstil, ekspor-impor, atau menjadi pemasok kebutuhan Muslim seperti daging dan makanan halal. Beberapa di antarnya mengelola restoran halal. Karena memang sangat sulit untuk mendapatkan kebutuhan makanan halal di Laos.

 

Kita doakan yuk, semoga Allãh selalu melindungi dan menjaga iman Islam kaum Muslim yang menajdi minoritas, di mana pun mereka berada. Amîn ya Rabb!@

 

-Nia- (Berbagai Sumber)

 

 

Iklan

2 thoughts on “Islam di Laos

Tinggalkan pesan untuk Pendekar S'mut

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s